Berita Sumsel

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, HD Dukung Rekrutmen Petugas P2EP dan Sektor Pangan di Sumsel

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, HD Dukung Rekrutmen Petugas P2EP dan Sektor Pangan di Sumsel

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Selatan Asgianto, ST dan jajaran dalam rangka koordinasi petugas Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (P2EP) untuk dikonsultasikan kepada Gubernur Sumsel H Herman Deru di Ruang Rapat Gubernur Sumsel, Senin (10/5/2021).

Dalam kesempatan itu, HD menyambut baik usulan Komisi II, dan mengapresiasi karena Komisi II memiliki persepsi yang sama dengan program Pemprov Sumsel. Menurutnya pada tingkat Provinsi Komisi II telah menggugah Pemprov Sumsel untuk lebih aktif.

"Kami sangat responsif atas kehadiran dan tujuan Komisi II. Asal proses rekrutmennya betul-betul dilakukan dengan baik, yang direkrut orang yang benar-benar layak dan berkualitas dengan latar belakang keilmuan yang sesuai. Yang penting dengan jumlah yang proposional sesuai kebutuhan," ujarnya.

HD ungkapkan pada tahun 2021, sudah disiapkan kuota tambahan 494 penyuluh. Dan jika mau ditambah tidak masalah, asal ada koordinasi yang jelas tentang jumlah kebutuhan SDM di masing-masing sektor. Menurut HD, inisiasi ini sebagai upaya untuk menekan biaya hidup sehingga dapat menurunkan angka kemiskinan di masyarakat.

"Ada keanekaragaman komoditas yang harus diperlihara. Ayo kita bangkitkan hal ini dari bawah, dimulai dari Kab/Kota, yang jelas bagaimana ketahanan pangan kita buat yang utama. Saya minta agar mitra Komisi II serius mulai dari proses rekrutmennya dan goal apa yang ingin dicapai," katanya.

Selanjutnya, HD mengajak Komisi II untuk melakukan FGD dengan melibatkan berbagai pihak terkait mulai dari kementerian lembaga, baru kemudian dijalankan secara teknis.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Selatan Asgianto, ST, didampingi Wakil Ketua Komisi II, Abusari, SH, M.Si, mengatakan bahwa selama 5 bulan terakhir, Komisi II telah melakukan road show 17 kab/kota untuk menyerap aspirasi masyarakat guna disampaikan ke Gubernur HD.

"Komisi II sepakat untuk mewujudkan Sumsel Maju Untuk Semua dan mendukung program Pemprov Sumsel dalam pembangunan," tegasnya.

Menurutnya, berdasarkan hasil roadshow dan koordinasi pendataan dengan seluruh Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Perikanan di Sumsel menyimpulkan bahwa masih banyak kurang penyuluh di Sumsel. Meskipun Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel H Mawardi Yahya telah merekrut 1000 penyuluh sebelumnya.

Saat ini total kekurangan 2.016 orang penyuluh dikurang dari 494 penyuluh tambahan pada tahun ini. "Setelah road show ternyata penyuluh lapangan masih kurang di setiap desa dan kecamatan. Mudah-mudahan penyuluh-penyuluh ini untuk motor kita. Ini langkah konkrit yang bisa kita lakukan," ujarnya.

Turut hadir Sekretaris Komisi II, Firdaus, SH., Plt. Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., MKes, Kadishut, Pandji Tjahjanto, S.Hut. MSi., Kadis Kelautan dan Perikanan, Widada Sukrisna, S.Pi, M.Si, Karo Humas Protokol, Rika Efrianti, SE, MM.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.