Berita Sumsel

Sumsel Tuan Rumah Webinar Internasional Praktik Baik Pemulihan Ekonomi

Sumsel Tuan Rumah Webinar Internasional Praktik Baik Pemulihan Ekonomi

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Prof. Edward Juliartha, menghadiri pembukaan webinar internasional praktik baik pemulihan ekonomi lokal di Jepang dan Jerman.

Webinar internasional sekaligus dialog nasional penguatan sinergi pemerintah daerah, pelaku usaha, dan kelompok masyarakat sipil di Indonesia dan kawasan sub regional IMT-GT itu berlangsung di Ballroom Hotel Novotel Palembang, Rabu (24/2/2021) malam.

Dikesempatan itu, Edward Juliartha atas nama Pemprov Sumsel menyampaikan terima kasih kepada Kemendagri yang telah memberikan dukungan kepercayaan kepada Sumsel untuk mengadakan seminar berskala Internasional di Kota Palembang.

Selain itu, Kedutaan Besar negara sahabat yang telah memfasilitasi dan menjadi narasumber webinar forum ini sehingga jajaran Pemerintah, akademisi dan para pegiat bisnis baik perorangan maupun asosiasi pengusaha dapat memetik ilmu dan manfaat dari webinar ini.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk kesempatan diadakannya Webinar Internasional yang diselenggarakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan," ucapnya.

Saat ini Provinsi Sumatera Selatan boleh sedikit berbangga diri karena menjadi wilayah dengan potensi perekonomian terbesar dan iklim investasi terbaik di Pulau Sumatera.

"Klaim ini kami sampaikan dengan berpedoman pada laporan Badan Pusat Statistik Indonesia, di mana pada tahun 2020 Sumsel pertumbuhan ekonominya walaupun terdampak Covid-19 namun tetap tumbuh sebesar - 0,11 persen dimana Angka ini menempatkan Sumatera Selatan pada peringkat 6 besar pertumbuhan nasional," ungkap Edward Juliartha saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Sumsel.

Menurutnya, Sumsel merupakan Provinsi dengan tingkat pertumbuhan ekonomi baik dan masih bertumbuh di Indonesia sebagai daerah yang memiliki bentangan geografis yang strategis dalam jalur perniagaan darat, laut dan udara, serta relatif aman dari bencana alam skala besar.

"Stabilitas keamanan adalah salah satu hal penting bagi investor untuk datang ke Provinsi Sumsel. Menjaga stabilitas keamanan agar Sumsel tetap Zero konflik seperti selama ini yang sudah terjaga dan juga tak kalah pentingnya, Pemprov Sumsel senantiasa berupaya mempermudah proses perizinan dan memberikan kenyamanan kepada para investor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kerja sama Organisasi Internasional dan Lembaga Asing, Kemendagri, Ahmad Fajri mengatakan, webinar internasional tersebut diseleggarakan karena danya permasalahan yang sama dialami negara Jepang dan Jerman pada sektor ekonomi akibat panjangnya masa pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Indonesia.

"Tujuan kegiatan ini diantaranya menfasilitasi pengatahuan antar negara dalam pemulihan ekonomi dan mempererat kerjasama kemasyarakatan antar negara," pungkasnya.

Turut hadir secara virtual, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent, Duta Besar Brunei Darussalam, Dato Seri Pahlawan Awang Haji Yussof bin H. Abdul Rahman, Country Representative Konrad Adenauer Stiftung, dan Direktur Direktur Representatif JCLAIR Singapore.

Hadir juga, para kepala OPD dilungkungan Pemprov Sumsel.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.