Berita Sumsel

HUT Banyuasin ke 19,  HD : Jalankan Pembangunan dengan Solidaritas dan Kerukunan

HUT Banyuasin ke 19,  HD : Jalankan Pembangunan dengan Solidaritas dan Kerukunan

Banyuasin, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Ketua TP PKK Sumsel Hj Febrita Lustia Herman Deru menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-19 Kabupaten Banyuasin Tahun 2021 di Gedung Rapat Paripurna DPRD Komplek Banyuasin Pangkalan Balai, Sabtu (10/4/2021).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengusung tema "Dengan Memperingati Hari Jadi Kabupaten Ke-19 Tahun 2021. Kita Wujudkan Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera Melalui 7 Program Prioritas Unggulan Dan 12 Gerakan Bersama Masyarakat"

Dalam kesempatan itu, HD mengucapkan selamat HUT Banyuasin, HD berharap agar Pemkab Banyuasin terus menjaga konsistensi prestasi yang telah dicapai yang dibangun bersama mitra-mitranya.

"Makna terbentuknya Banyuasin, yaitu karena adanya upaya. Hal ini juga berlaku pada prestasi-prestasi yang telah diraih oleh Kab Banyuasin tentu diraih karena adanya upaya-upaya. Kita harus jaga ini," ujarnya.

Dari 7 program Bupati, HD mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Kab. Banyuasin antara lain dibidang pertanian, yaitu Kab Banyuasin menjadi penghasil pangan nomor 4 ditingkat nasional. Kemudian dibidang pelayanan, Pemkab Banyuasin melalui Disdukcapil yang dinilai telah memberikan pelayanan terbaik di Indonesia dalam bidang inovasinya.

"Ini harus dijaga, mendapatkan penghargaan inovasi tidaklah mudah, dimana pemberlakuan inovasi dengan wilayah Banyuasin yang  begitu luas, tentu ini membutuhkan waktu dan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Selain itu, mewujudkannya juga membutuhkan solidaritas antar semua pihak," ujarnya.

Menurut HD, solidaritas berkaitan dengan kerukunan karena pembangunan akan sangat sulit dilakukan apabila tanpa kerukunan baik secara internal dan eksternal.

HD juga mengajak Pemkab Banyuasin, DPRD Banyuasin dan masyarakat Banyuasin, mendukung pembangunan Pelabuhan Internasional Tanjung Carat di Kab Banyuasin. Pelabuhan ini diharapkan akan mempermudah proses ekspor SDA yang ada di Sumsel. Dengan adanya pelabuhan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Banyuasin, H. Askolani Jasi, S.H., M.H., mengatakan HUT pada 10 April 2021, Banyuasin telah menginjak usia 19 tahun. Usia ini bermakna kedewasaan untuk menentukan masa depan yang lebih baik. Menurutnya, Pada HUT ini, rasa cinta dan bangga kepada Banyuasin harus tercermin dalam kerja keras kerja cerdas dalam kinerja sehingga menghasilkankarya nyata.

"Spirit ini harus menginspirasi semua pihak untuk mewuwujudkan Banyuasin bangkit adil dan sejahtera. Dalam hal ini kami memohon terus dukungan Bapak Gubernur dalam pembangunan dalam semua sektor. Sebelumnya terima kasih atas bantuan Bapak Gubernur terhadap pembangunan di Banyuasin sebagai wilayah terluas kedua di Sumsel," katanya

Menurutnya, bantuan gubernur juga mengalami peningkatan setiap tahunnya sejak Tahun 2019, 82,26M, Tahun 2020, 146,95 M, dan diharapkan ada peningkatan juga di tahun 2021 ini. Pemkab Banyuasin, didukung oleh Pemprov Sumsel, Pemerintah Pusat, dan juga pihak-pihak lainnya bersama membangun Kabupaten Banyuasin.

"Dengan gotong royong, semua pembangunan hingga jalan pelosok saya yakini akan terbangun secara baik," tutupnya.

Ketua DPRD Banyuasin, Irian Setiawan, SH, MSi, berharap dalam HUT Banyuasin tahun ini agar semua pihak mulai dari pemkab Banyuasin, DPRD dan semua stakeholder terkait untuk tetap menjaga dan meningkatkan kinerja untuk kesejahteraan masyarakat sesuai tupoksinya masing-masing

Turut hadir Ketua DPRD Sumsel, Hj. R.A. Anita Noeringhati S.H., M.H., Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji S.IP., S.Sos, Anggota DPRD Sumsel, Muhammad Yaser, SE., Wakil Bupati Banyuasin, H.Slamet Somosentono, SH, Sekda Banyuasin, Dr. HM. Senen Har, S.IP., M.Si, Ketua TP PKK Banyuasin, Sri Fitriyanti Askolani, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj. Neni Slamet, Para Kepala OPD Prov Sumsel, FKPD dan Forkopimda Kabupaten Banyuasin.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.