Berita Sumsel

HD Dukung Eksistensi Koperasi Yasmin Sriwijaya Mandiri di Sumsel

HD Dukung Eksistensi Koperasi Yasmin Sriwijaya Mandiri di Sumsel

Palembang, sumselprov.go.id- Gubernur Sumsel H Herman Deru menerima pengurus Koperasi Yasmin Sriwijaya Mandiri dalam rangka silaturahmi dan menjelaskan rencana program kerja Koperasi Sriwijaya Mandiri di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Jumat (9/4/2021).

HD mengapresiasi terbentuknya koperasi ini. Menurutnya ekonomi kegotongroyongan memang menjadi ciri khas Indonesia. "Saya sambut, adanya koperasi ini karena saat ini semangat berkoperasi jauh menurun, sejak ada berbagai pola bisnis yang telah diterapkan," ujarnya.

HD katakan bahwa hancurnya koperasi disebabkan oleh prasangka antar anggotanya. Oleh sebab itu, para anggota koperasi ini diharapkan sejak awal dapat melakukan pengelolaan koperask dengan transparansi.

Selain itu, HD juga meminta agar para pengurus memahami sistem yang ada dalam UU koperasi atau aturan yang mengatur koperasi sebagai acuan pengelolaan koperasi.

"Pengurus koperasi harus siap dengan teknologi dan menjadi modern. Namun yang sifatnya kearifan lokal jangan hilang, jadikan koperasi sarana berkumpul dan terkait sebagai fatayat alangkah bagusnya ini juga berbasis syiar. Isi dengan kegiatan keagamaan juga," katanya.

HD berpesan agar koperasi juga berprioritas pada satu bidang utama. Kemudian menghasilkan produk-produk. Pemprov Sumsel akan mendukung hal ini, secara teknis anggota dapat berkoordinasi dengan dinas terkait.

"Buatlah produknya, saya bantu dan dukung koordinasikan melalui dinas terkait. Permasalaha startup, yaitu modal bisa didapatkan dari perbankan, keterampilan bisa kerjasama dengan  disnaker, dan  marketing, dimana kita harus punya display," katanya.

Dalam pelaksanaan koperasi nantinya, HD mengarahkan agar para pengurus membuat rencana bisnis koperasi untuk setahun kedepan dengan target-target tertentu untuk digunakan sebagai bahan evaluasi tersendiri 

Sementara itu, Ketua Koperasi Sriwijaya Mandiri, Elvaria Novianti, SE, katakan fatayat membentuk Koperasi Yasmin Sriwjaya Mandiri. Fatayat NU adalah Badan Otonom nahdlatul ulama untuk pemuda perempuan. Memiliki 40 anggota, yang semua merupakan ketua fatayat di 17 kab/kota yang telah terbentuk.

Koperasi Sriwijaya Mandiri terdiri dari koperasi konsumen, simpan pinjam UMKM, pemasaran, dan packaging. Dalam kesempatan itu, Elvaria berharap agar keanggotaan koperasi ini dapat dilantik oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Turut hadir Ketua PWNU Sumsel KH Amiruddin Nahrawi MPdI, Kadis Koperasi dan UKM Sumsel, Dra. Hj. Musiawati, MM.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.