Pj Gubernur Fatoni : Anak Muda Harus Tertarik Kenali Sejarah Peninggalan di Sumsel agar Dapat Dipromosikan

Foto

Palembang. Penjabat (Pj) Gubernur Sumsel Agus Fatoni didampingi  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Drs. H. Aufa Syahrizal  melakukan peninjauan Museum Balaputra Dewa yang berada dijalan Srijaya  Palembang, Rabu (17/04/2024)

Dalam peninjauan tersebut  Fatoni terlihat mengelilingi seluruh ruang yang berisikan benda - benda bersejarah dan  meminta kepada pengelola museum untuk segera mencatat dan membuat daftar peninggalan bersejarah tersebut sehingga menjadi daftar destinasi wisata sejarah yang  ada di Sumsel.

"Segera catat dan dibuat list apa - apa saja yang paling menarik untuk dikunjungi yang ada di museum ini, sehingga wisatawan yang akan berkunjung ke Kota Palembang sudah tau apa apa yang akan dikunjungi" ungkapnya.

Salah satunya yang menarik perhatian adalah keberadaan Perahu Lesung yang ditemukan di Sungai Ogan , perahu ini terbuat dari sebatang pohon pada abad ke 12 pada kedalaman 6 meter dari dasar Sungai Ogan.

Selain itu terdapat Tanjak serta keberadaan Sultan Mahmud Badaruddin II  pada jaman Kesultanan Palembang Darussalam pada tahun 1804-182.   Sultan Mahmud Badaruddin II adalah Sultan Palembang yang berkuasa dari 12 April 1804; sepuluh hari setelah Ayahnya wafat, hingga diasingkan Belanda pada 1 Juli 1821. Nama lahirnya sebelum berkuasa adalah Raden Muhammad Hasan Pangeran Ratu dan ia adalah salah satu Pahlawan kita yang berasal dari Palembang.

Dari peninjauan tersebut  Fatoni menginginkan agar  anak - anak muda lebih tertarik untuk mengenal sejarah dan peninggalan yang ada di Sumsel serta terus mempromosikan nilai - nilai sejarah yang sangat menarik.  Salah satunya tentang keberadaan Kerajaan Sriwijaya .

Ia menjelaskan pentingnya mencari data tentang keberadaan kerajaaan Sriwijaya.
" Kita harus telusuri dari sejarah  keberadaan Sriwijaya ini , karena Kerajaan Sriwijaya ini salah satu penguasa maritim Asia tenggara,tentu ini menjadi daya tarik tersendiri bagi yang ingin berkunjung ke Sumsel ini" ujarnya

Fatoni juga berkunjung ke Rumah tradisional Palembang dan iliran yang kita kenal sebagai Rumah Limas dan dijelaskan tentang filosofi ornamen yang ada dirumah Limas tersebut yaitu salah satunya adanya Tanduk Kambing berada di atap rumah.

Turut Hadir Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. H. Edward Chandra, MH , Edukator Sumsel Beny Pramana Putra, Kepala Museum Negeri Sumsel Candra Amprayadi SH  dan Para Kepala OPD Prov Sumsel.