HD : Sosialisasikan Olahraga Menembak di Sumsel

Minggu, 23 Februari 2020 (12:03) - (63 DIBACA) - Olahraga

Palembang, sumselprov.go.id-
Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang juga Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin Sumsel mengajak semua pihak khususnya yang terlibat dalam Perbakin Sumsel untuk ikut mensosialisasikan olahraga menembak guna menjaring atlet penembak asal Sumsel.

Dia berkeinginan agar olahraga menembak tidak lagi dikenal sebagai olahraga kalangan elit semata, melainkan olahraga yang memasyarakat di Sumsel.

"Saya ingin semua yang terlibat dalam Perbakin agar bagaimana mensosialisasikan olahraga ini sehingga tidak lagi dikenal sebagai olahraga golongan elit. Kemudian, harus berorientasi dengan prestasi," tegas Herman Deru.

Hal ini disampaikannya saat membuka ujian sertifikasi bidang berburu Pengurus Provinsi (Pengprov) Perbakin Sumsel di Lapangan Tembak Brimob Polda Sumsel, Talang Kelapa Palembang, Minggu (23/2/2020).

Lanjut Herman Deru mengatakan, pelatihan dan penilaian bidang berburu ini sangat tepat dilaksanakan di Lapangan Tembak Brimob Polda Sumsel sehingga peserta juga bisa mendapatkan masukan dari Satuan Brimob Polda Sumsel yang sudah tidak diragukan lagi keahliannya dalam menembak.

Menurutnya, tentang pelatihan dasar berburu dan kepandaian dalam berburu sangat dibutuhkan diantaranya berburu hama, namun juga harus memperhatikan ekosistem sehingga perlu perhitungan cerdas.

"Setiap kita menentukan titik perburuan tentu harus mengetahui kondisi alam sekitar. Berburu jangan hanya identik dengan cara menembak tetapi juga teknik lainnya. Sehingga perlu dijalin kerjasama dengan berbagai pihak," ungkapnya.

Herman Deru juga mengharapkan agar seluruh peserta yang nantinya dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat agar menularkan ilmu pengalamannya kepada para penggemar menembak lainnya.

"Saya juga ingin mendapatkan sertifikat berburu ini. Kemudian, tidak kalah pentingnya adalah mendapatkan manfaat lainnya yaitu terjalinnya silaturahmi antar penggemar olahraga menembak," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga mengikuti ujian sertifikasi bidang berburu ini dan dinyatakan lulus dengan nilai yang sangat memuaskan.

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan ujian sertifikasi bidang berburu, Alex Suhendar mengatakan dasar kegiatan ini berdasarkan surat keputusan ketua umum tentang pembekalan kepada para calon pemburu dan penembak yang sesuai aturan dari Perbakin.

Menurutnya, tujuan kegiatan itu untuk penilaian dan pelatihan teknik dan alat menembak, keterampilan menembak dan dasar-dasar peleastarian alam.

"Peserta terjauh dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kemudian, Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, Lampung, Jambi dan Provinsi Sumsel dengan total 60 peserta. Ujian sertifikasi bidang berburu ini melibatkan tim penilai dari Perbakin Pusat dan dari Mabes POLRI," tandasnya.

Hadir pada kegitan itu, Asisten I Bidang Pemerintahan & Kesejahteraan Rakyat Drs. Akhmad Najib, S.H., M.Hum, Dansat Brimob Polda Sumsel, Kombes Pol. Yudo Nugroho Sugianto, S.IK., Wadanyon A, AKBP. Teguh S.IK.

Kemudian, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel H. Ahmad Rizwan, S. STP, MM., Kasat Pol PP Prov. Sumsel M. Aris Saputra,S.Sos, M.Si., dan Ketua harian Perbakin Sumsel, Nyimas Fatma.

Tim Media Dinas Kominfo Provinsi Sumsel.