Kembali
Pemerintah
Provinsi Sumatera Selatan

Ayo Silahkan Lapor! Pemerintah Siap Respon Dan Tindak Lanjuti Aduan

Kamis, 26 September 2019 (18:16)

Palembang, sumselprov.go.id - LAPOR! SP4N adalah Layanan Asprasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) melalui Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)

Lapor! SP4N ini adalah pelayanan yang diperuntukkan bagi masyarakat dan ini merupakan media online bagi masyarakat untuk mengadukan keluhan.

Aplikasi ini merupakan website resmi yang dibuat oleh Kementerian PAN-RB kerjasama  dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) dengan The German Organisation for International Cooperation (GIZ) dengan sistem yang terintegrasi dalam pengelolaan pengaduan secara berjenjang pada setiap penyelenggaran dalam kerangka sistem informasi pelayanan publik.

Dalam sesi wawancara, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru melalui Asisten III Administrasi dan Umum, Prof. Edwar Juliartha mengatakan Pemprov Sumsel mendukung pemanfaataan aplikasi Lapor SP4N! dan sosialisasinya dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Lapor! merupakan sarana komunikasi yang baik dalam menyampaikan aspirasi dan merupakan media online rakyat untuk mengadu dari masyarakat kepada pemerinntah”,  Ujar Edwar Juliartha pada acara Lapor! Goes To Campus di Gedung Graha Sriwijaya Kampus Unsri, Kamis (26/09/2019)

Jelas Edwar, Responsif dan tindak lanjut terhadap aspirasi masyarakat, Pemerintah Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) Bersinergi dengan Mahasiswa Implementasikan Lapor! dengan program Kementerian PAN RB RI bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi. Sumsel melalui Dinas Kominfo Prov. Sumsel menggelar acara Lapor! Goes To Campus bertema "SOP Penanganan Pengaduan Online Melalui LAPOR! Pada Diskusi Panel Pembentukan Instrumen model E-Service pada kegiatan LAPOR Goes To Campus".

"Silahkan Lapor! bisa langsung diperhatikan oleh pemerintah karena terintegrasi dengan semua layanan yang disediakan oleh pemprov, dengan pemerintah mendorong kegiatan lapor, maka lebih menyadarkan masyarakat bahwa kita hadir selama 24 jam, 7 hari dalam seminggu," ungkapnya.

Lanjutnya, Pemprov Sumsel juga telah melakukan kebijakan untuk menggalakan lapor! di semua lapisan masyarakat, dengan memanfaatkan segala stakeholder agar lapor terkomunikasi, terinformasi, teredukasi dengan baik.

"Harapan kita dengan sinergitas dan kolaboratif dengan mahasiswa, maka mahasiswa dapat jadi bagian penting dalam proses implementasi lapor," ucapnya.

Untuk memastikan laporan terkait dapat direspon dan ditindak dengan cepat, Pemprov Sumsel telah membentuk tim yang memantau hal ini, yaitu tim lapor yang terhubung di 17 kab/kota Sumsel. Selain itu, juga dilakukan evaluasi terhadap laporan yang telah masuk sehingga dapat segera ditindak dan terwujud pelayanan publik yang lebih baik.

Turut hadir Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN RB RI, Prof. Diah Natalisa, Anggota Ombudsman RI, Dadan Suparjo Suharmawijaya, S.IP., M.IP.

MC Diskominfo Prov. Sumsel/TM