Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Air Terjun Bale

Keberadaan 76 wisata air di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, sangatlah beragam bentuk, nama dan panorama alamnya.

Mungkin anda sudah cukup kagum dengan keberadaan Cuhup Maung yang ada di Desa Rindu Hati, Kecamatan Gumay Ulu atau Cuhup Perigi di Desa Perigi, Kecamatan Pulau Pinang, Lahat.

Namun yang satu ini juga patut anda kenal dan kunjungi. Namanya Air Terjun Bale atau oleh masyarakat Lahat disebut Cuhup Bale.

Bunga-bunga bermekaran indah di sekitar Cuhub Bale, air terjun di Kabupaten Lahat (Sriwijaya Post/ Ehdi Amin)

Berada di Desa Tunggul Bute, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Lahat cuhup ini juga memiliki pesona dan keindahan tersendiri.

Dengan ketinggian 70 meter, air terjun yang satu ini cukup deras.

Tak ayal, jika pengunjung sudah berada tidak jauh atau sekitar 15 meter dari lokasi berarti pengunjung sudah siap basah atau untuk mandi.

Pasalnya, hempasan air yang jatuh langsung memancar ke berbagai sisi di sekitarnya. Hmmm jika anda sudah basah, sebaiknya sekalian langsung mandi di lokasi.

Persis di bawah hempasan air terjun, sudah terbentuk bak kolam renang dengan kedalaman sekitar dua meter yang membuat pengunjung bisa bermain air.

Tak hanya itu, air yang jernih dan dingin dijamin akan membuat tubuh anda segar.

Rasa capek dan lelah selama menuju lokasi pun akan terobati.

Nah, pesona lain air terjun ini di sekitarnya terdapat pemadangan alam yakni pepohonan besar yang masih tampak alami.

Tak hanya itu, di sekitar cuhup juga tumbuh bunga berwarna ungu.

Sementara dinding cuhup tampak napal berwarna kuning dan keputih-putihan yang bisa membuat hasil jepretan kamera pengunjung semakin menarik.

Tak hanya itu, di sekeling cuhup terdapat bebatuan besar, asyik juga dijadikan lokasi bersantap atau tempat duduk sambil memandang ke arah ciptaan (cuhup) Sang Penguasa Jagad.


Cuhub Bale di Kabupaten Lahat

Nah, jika anda tertarik atau penasaran tak sulit menemukan obyek wisata andalan kabupaten Lahat yang satu ini.

Berjarak tempuh sekitar 2 jam dari Kota Lahat, ibu Kota kabupaten Lahat, anda akan tiba di Desa Tunggul Bute, Kecamatan Kota Agung.

Setibanya di desa perbukitan tersebut, jika anda membawa kendaraan bisa dititipkan kepada warga sekitar yang sudah terbiasa melayani pengunjung.

Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki karena akses jalan yang cukup curam dan belum tergarap dengan baik. Sekitar 30 menit perjalanan, anda akan tiba di lokasi.

Berkunjung ke lokasi ini gratis lhoo.. Kecuali jika anda ingin meminta bantuan warga sekitar untuk mengantarkan ke lokasi, itu pun seiklasnya anda memberi.

Sebagai saran, saat berkunjung ke cuhup Bale ini sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman. Suhu yang cukup dingin tak jarang membuat perut cepat keroncongan.

Sementara, di lokasi belum ada aktivitas jual beli karena memang lokasi masih sangat alami.

Kendati demikian, jika anda datang dari Luar Lahat, tidak perlu cemas.

Sebab di Lahat sendiri terdapat hotel dan penginapan untuk anda bermalam atau jika anda tahan dengan suhu dingin, boleh juga thuu berkemah atau bermalam di lokasi.

Anda ingin mencoba!! Ayo datang ke Cuhup Bale.