Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Air Terjun Curup Maung

Mengunjungi air terjun Curup Maung Pagar Alam yang merupakan salah satutempat wisata di Palembang yang populer karena berkali-kali menjadi trending topik di berbagai media, adalah suatu perjalanan panjang yang melelahkan. Betapa tidak, anda wajib mempersiapkan fisik bukan saja duduk selama 7 jam di dalam mobil untuk mencapai obyek indah ini dari ibukota Sumatera Selatan. Arahkan kendaraan anda menuju kota Lahat yang merupakan titik pertemuan antara wilayah Palembang, wilayah Lampung dan wilayah Bengkulu. Dari titik pertemuan tersebut (Pagar Alam, Lahat), anda masih perlu melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam menuju lokasi air terjun curup Maung yang menakjubkan ini.

curup maung pagar alam

Curup Maung

Rute Menuju Curup Maung

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata air terjun di Pagar Alam lahat ini, maka sebaiknya pahami rute yang akan ditempuh. Bukan untuk mematahkan semangat anda, tetapi kami malah ingin mengajak anda mengatur perjalanan secara detail sehingga segalanya dapat dipersiapkan sebaik-baiknya.

  • Rute Perjalanan ke Curup Maung tahap pertama adalah dari kota Palembang menuju Pagar Alam, Lahat. Jarak tempuh biasanya berkisar 5 jam jika menggunakan moda transportasi umum. Jika anda menggunakan mobil sendiri, mungkin lebih cepat tetapi tidak terlalu berbeda jauh waktu tempuhkan. Karena transportasi umum (bis) yang digunakan biasanya tidak terlalu sering berhenti di tengah jalan.
  • Rute kedua yang harus anda lalui untuk mengunjungi air terjun Maung adalah jalur Pagar Alam menuju Desa Padang Muaro Duo Kecamatan Gumay Ulu. Ke desa ini membutuhkan waktu sekitar satu jam baik dengan alat transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Saran kami sebaiknya anda beritirahat dulu di Lahat, apalagi sebelumnya anda telah melalui perjalanan panjang yang melelahkan.
  • Rute ketiga dan terakhir adalah dari desa Padang Muaro Duo menuju lokasi air terjun Curup Maung adalah dengan berjalan kaki selama satu jam dengan memasuki hutan yang cukup lebat. Setiba di tempat wisata tersembunyi ini, dijamin anda akan lupa bahwa telah melakukan perjalanan panjang yang melelahkan. Karena keindahan tempat ini tiada tara dan mampu membius anda dengan panorama alam yang sungguh menakjubkan dengan dominasi warna hijau yang segar. Kelelahan menuruni bukit ini sama seperti jika anda menuruni air terjun sipiso-piso yang merupakan tempat wisata andalan di Medan

     

    air terjun di palembang

    Segarnya Air terjun

Saran Terbaik

Melihat betapa lamanya perjalanan yang harus anda tempuh menuju Curup Maung Pagar Alam di Lahat-Palembang ini, sebaiknya ikuti saran terbaik kami yaitu:

  • Pastikan fisik anda prima termasuk kendaraan yang akan digunakan.
  • Titik istirahat pertama yang terbaik adalah di wilayah Lahat karena banyak pilihan resto dan tempat istirahat bagi anda. Jika langsung ke Pagar Alam juga bisa, tetapi hal ini terlalu memforsir tenaga anda yang sudah lelah melakukan perjalanan dari Palembang.
  • Di desa terakhir yaitu Padang Muaro Duo, sebaiknya titipkan kendaraan anda dan dikunci baik-baik. Ada lokasi khusus yang dipersiapkan untuk wisatawan yang ingin mengunjungi curup Maung yang indah, yang berada di dalam hutan. Kondisi ini seperti menuju Maribaya yang merupakan andalan wisata Lembang karena air terjunnya berada di dalam hutan.
  • Bawalah bekal yang cukup termasuk minuman, karena perjalanan panjang yang melelahkan memasuki hutan dan kebun kopi.
  • Perjalanan yang dilakukan menurun dan cukup curam, sehingga dibutuhkan alas kaki yang nyaman. Disarankan menggunakan sepatu daripada sandal.
  • Menuju Curup Maung Pagar Alam sebaiknya tidak perlu membawa perlengkapan yang banyak kecuali jika anda ingin camping. Beban yang berat saat berjalan kaki menyusuri hutan akan mempersulit perjalanan anda.
air terjun di lahat

Mandi di Bawah Air Tejun

Demikianlah ulasan perjalanan panjang menuju tempat wisata alam Curup Maung Pagar Alam di wilayah Lahat Sumatera Selatan, yang sangat melelahkan. Tetapi jika anda melihat hasil foto yang kami sajikan, pasti sepakat perjalanan ini wajib dilakukan suatu saat. Keindahan panorama air terjun ini akan membayar lunas kelelahan kita. dan untuk membantu rute penjelajahan anda, silakan ikuti petunjuk yang jelas pada peta di bawah ini.