Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Wagub: Berikan Anggaran Pemadaman pada Kades dan Camat

Sabtu, 19 September 2015 (14:43)

OGAN ILIR – Masalah asap bukanlah hal yang baru, sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu ini sudah terjadi, namun dahulu tidak terlalu dirisaukan karena masyarakat kurang kritis dan peduli terhadap kesehatan

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki dalam kunjungan kerja penanggulangan bencana asap di Kabupaten Ogan Ilir  (OI ) di Aula Guest House Perumahan Bupati OI, Jumat (18/9).

"Pembakaran lahan dan bencana asap harus diatasi dengan serius, tak cukup oleh BNPB saja. Semua elemen harus bergandengan tangan termasuk para pemegang wilayah seperti Camat dan Kepala desa. Kedepan saya berharap Sumsel zero asap," ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Ishak Mekki, sebaiknya kepala desa dan camat dapat berperan aktif dengan diberikan anggaran untuk pencegahan kebakaran hutan di wilyahnya masing-masing.

"Baiknya kades diberikan porsi anggaran pencegahan dan kebakaran lahan. karena dia (kades dan camat.Red ) tahu wilayahnya, tahu sumber api dan bagaimana mengatasinya," sarannya.

Pemadaman kata Wagub, sulit dan costnya sangat besar.

"Andai anggaran pemadaman sebanyak 20 persen dari total anggaran diberikan kepada kades dan camat saya yakin kebakaran lahan dapat di minimalisir dan Sumsel zero asap," tandasnya. (RMOL/Imam Ghazali)