Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Kata Gubernur Sumsel, Perpres LRT Keluar Minggu Depan

Jumat, 04 September 2015 (19:52)

PALEMBANG –  Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan Peraturan Presiden tentang pembangunan sistem perkeretaapian dalam kota "light rail transit" akan dikeluarkan pada pekan depan.

Alex yang dijumpai seusai menjadi pembicara dalam diskusi terbuka bertema "Ke Mana Visi Pembinaan Olahraga Kita" di Palembang, Jumat (4/9/2015), mengatakan, Perpres "light rail transit" (LRT) itu segera dikeluarkan karena sudah tidak ada persoalan lahan.

"Lahan sudah ada, tinggal pakai saja sehingga pekan depan kemungkinan besar Perpres itu dikeluarkan," kata Alex.

Ia mengemukakan, setelah perpres tersebut dikantongi maka pekerjaan pembangunan LRT atau lazim disebut tram itu dapat langsung dimulai dengan target selesai sebelum enam bulan Asian Games 2018.

"Nanti akan langsung ditunjuk perusahaan BUMN mana yang mengerjakannya," katanya.

Pemprov Sumsel mengajukan pembangunan LRT untuk menunjang peran sebagai tuan rumah ajang olahraga bergengsi tingkat Asia tahun 2018.

Sebanyak 14 tempat pemberhentian (stasiun) direncanakan akan dibangun yang akan menjadi alat transportasi dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II hingga ke Jakabaring (tempat keberadaan Kompleks Olahraga Jakabaring). (Sripoku.com/Imam Ghazali)