Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Bidik Pemasukan Triliunan dari Asian Games

Minggu, 19 Maret 2017 (20:49)

VIVA.co.id – Pemerintah Republik Indonesia membidik pendapatan triliunan rupiah dari penjualan tiket Asian Games XVIII tahun 2018 di Jakarta dan Palembang. Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, mengatakan, pemasukan dari Asian Games tidak hanya berasal dari tiket, tapi juga sponsor.

Kalla yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Asian Games menambahkan, setidaknya akan ada pemasukan dana yang mencapai Rp2,5 triliun dari Asian Games tersebut. Dana itu selanjutnya turut dipakai membiayai penyelenggaraan pesta olahraga terbesar antar bangsa-bangsa se-Benua Asia itu.

"Pemasukan biaya itu tidak hanya dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Ada sponsor-sponsor, ada promosi, ada uang masuk dari karcis," ujar JK di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Senayan, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2017.

JK mengatakan, pemerintah telah mendata sejumlah perusahaan swasta yang akan diajak bekerjasama untuk mendanai Asian Games. Mereka diharapkan berkenan berpartisipasi mengingat cakupan penyelenggaraan Asian Games adalah seluruh negara di Benua Asia. 

Keikutsertaan mereka akan memperluas jangkauan promosi perusahaan.

"Nilai promosi dari sponsor-sponsor ini diperkirakan akan cukup besar, tapi belum bisa kita sampaikan," ujar JK.

SK/MC Diskominfo.Prov.Sumsel/cley